Friday, June 17, 2016


    Pertamakali diteliti oleh bakteriologis Jerman bernama Edwin Klebs (1834-1913).Klebsiella Pneumonia terdapat dalam feses dan saluran napas sebanyak 5% pada orang normal.Klebsiella Penymonia merupakan bakteri gram negative,bakteri yang non-motil (Tidak melakukan pergerakan secara sel),merupakan bakteru fakultatif an-aerob,dapat memfermentasikan laktosa.Merupakan organisme portunis yang ditemukan pada lapisan mukosa mamalia,terutama paru-paru.Memiliki penyebaran sangat ce[at terutama diantara orang-orang yang sedang terinfeksi bakteri ini dengan gejala berupa pendarahan dan penebalan lapisan mukosa organ.Bakteri ini juga merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan penyakit bronchitis.

    Bakteri ini memiliki capsule yang komposisi nya adalah polusacharida dan percntase air yang tinggi dan kemungkinan ditemukan material seperti polipeptida dab asan gtakyribuc.

Kemampuan dari kapusl pada bakteri ini :
-Melingundegi bakteri dari Phagocytes,itulah mengapa bakteri ini dapat berhatan dan berkembang.
-Kandungan air dapat melindungi bakteri dari dehidrasi

Selain itu klabsiella koloninya besar,sangat mukoid dan cenderung bersatu apabila dieramkan.Anggota dari genus klebsiella memiliki struktur antingan yang kompleks.Lebih khusunya,anggota genus klebsiella memiliki 2 tipe antigen pada permukaan sel.

   1.Antigen O
     Merupakan bagian terluar dari lopoplosakrida dinding sel dan terdiri atas unit polosakarida yang berulang.Antigen O tahan terhadap panas dan alcohol dan biasanya dideteksi algunasi bakteri.Antibodi terhadap Antigen O terutama adalah IgM.

   2,Antigen K
      merupakan suatu capsular polusacjaroda,dapat mengganggu aglutinasi melalui antiserum O dan berhubungan dengan virulensi.

0 komentar:

Post a Comment