Thursday, January 16, 2014

                    Kebahagiaan begitu menarik , karena kita semua memiliki ide yang berbeda tentang apa itu dan bagaimana mendapatkannya . Ini juga tidak mengherankan bahwa itu adalah nilai Nr.1 budaya Buffer itu , jika Anda melihat slidedeck kita tentang hal itu . Jadi secara alami kita terobsesi dengan hal itu . Aku akan senang untuk menjadi lebih bahagia , karena saya yakin kebanyakan orang akan, jadi saya pikir itu akan menarik untuk menemukan beberapa cara untuk menjadi orang yang bahagia yang benar-benar didukung oleh ilmu pengetahuan . 
               Berikut adalah sepuluh yang terbaik yang saya temukan . 

1. Latihan lebih - 7 menit mungkin cukup 

               Anda mungkin telah melihat beberapa pembicaraan baru-baru ini tentang latihan 7 menit ilmiah yang disebutkan dalam The New York Times. Jadi jika Anda berpikir latihan adalah sesuatu yang Anda tidak punya waktu untuk , mungkin Anda dapat muat dalam setelah semua . Latihan seperti memiliki efek mendalam pada kebahagiaan kita dan kesejahteraan bahwa itu benar-benar telah terbukti menjadi strategi yang efektif untuk mengatasi depresi . 
                 
                 Dalam sebuah penelitian yang dikutip dalam buku Shawn Akhor , The Happiness Advantage, tiga kelompok pasien yang diobati depresi mereka dengan baik obat-obatan , olahraga , atau kombinasi dari keduanya. Hasil penelitian ini benar-benar mengejutkan saya . Meskipun ketiga kelompok mengalami perbaikan serupa dalam tingkat kebahagiaan mereka untuk memulai dengan , tindak lanjut penilaian terbukti secara radikal berbeda : Kelompok-kelompok itu kemudian diuji enam bulan kemudian untuk menilai tingkat kekambuhan mereka . Dari mereka yang telah mengambil obat saja , 38 persen telah menyelinap kembali ke dalam depresi . Mereka yang dalam kelompok kombinasi lakukan hanya sedikit lebih baik , dengan tingkat kekambuhan 31 persen . Kejutan terbesar , meskipun, berasal dari kelompok latihan : kecepatan relaps mereka hanya 9 persen ! Anda tidak harus tertekan untuk mendapatkan manfaat dari latihan , meskipun . Ini dapat membantu Anda untuk bersantai , meningkatkan kekuatan otak Anda dan bahkan meningkatkan citra tubuh Anda , bahkan jika Anda tidak kehilangan berat badan . 

             Sebuah studi dalam Journal of Health Psychology menemukan bahwa orang yang berolahraga merasa lebih baik tentang tubuh mereka , bahkan ketika mereka tidak melihat perubahan fisik : Berat badan , bentuk dan body image dinilai di 16 laki-laki dan 18 perempuan sebelum dan setelah kedua 6 × 40 menit latihan dan 6 × 40 menit membaca . Selama kedua kondisi , berat badan dan bentuk tidak berubah . Berbagai aspek citra tubuh , bagaimanapun , membaik setelah latihan dibandingkan dengan sebelumnya. Kami telah dieksplorasi secara mendalam latihan sebelumnya, dan melihat apa yang dilakukannya untuk otak kita , seperti melepaskan protein dan endorfin yang membuat kita merasa lebih bahagia , seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah . 

make yourself happier - exercise

  
2 . Tidur lebih - Anda akan kurang sensitif terhadap emosi negatif
            
               Kita tahu bahwa tidur membantu tubuh kita untuk pulih dari hari dan memperbaiki diri , dan bahwa hal itu membantu kita fokus dan menjadi lebih produktif . Ternyata , itu juga penting bagi kebahagiaan kita . 

              Dalam NutureShock , Po Bronson dan Ashley Merryman menjelaskan bagaimana tidur mempengaruhi positif kami : rangsangan negatif diproses oleh amigdala , kenangan positif atau netral akan diproses oleh hippocampus . Kurang tidur hits hippocampus lebih keras dari amigdala . Hasilnya adalah bahwa orang-orang yang kurang tidur gagal untuk mengingat kenangan yang menyenangkan , namun mengingat kenangan suram saja. Dalam satu eksperimen oleh Walker , mahasiswa kurang tidur mencoba untuk menghafal daftar kata-kata . Mereka bisa mengingat 81 % dari kata-kata dengan konotasi negatif , seperti " kanker . " Tapi mereka bisa mengingat hanya 31 % dari kata-kata dengan konotasi positif atau netral , seperti " sinar matahari " atau " keranjang . 

       " The BPS Penelitian Digest mengeksplorasi lain studi yang membuktikan tidur mempengaruhi kepekaan kita terhadap emosi negatif . Menggunakan tugas pengenalan wajah selama sehari, para peneliti mempelajari bagaimana peserta sensitif adalah untuk emosi positif dan negatif . Mereka yang bekerja melalui sore hari tanpa tidur siang menjadi lebih sensitif di akhir hari untuk emosi negatif seperti rasa takut dan amarah . Menggunakan pengakuan tugas wajah , di sini kita menunjukkan suatu reaktivitas diperkuat untuk marah dan takut emosi di hari itu , tanpa tidur . Namun, tidur siang intervensi diblokir dan bahkan dibalik reaktivitas emosional negatif ini marah dan ketakutan sementara sebaliknya meningkatkan peringkat dari positif ( bahagia ) ekspresi . 

            Tentu saja, seberapa baik ( dan berapa lama ) Anda tidur mungkin akan mempengaruhi bagaimana perasaan Anda ketika Anda bangun, yang dapat membuat perbedaan untuk sepanjang hari Anda . Terutama grafik ini menunjukkan bagaimana aktivitas otak Anda menurun adalah wawasan tentang betapa pentingnya tidur yang cukup adalah untuk produktivitas dan kebahagiaan : Studi lain diuji bagaimana suasana hati karyawan ketika mereka mulai bekerja di pagi hari mempengaruhi hari kerja mereka . 

          Para peneliti menemukan bahwa suasana hati karyawan ketika mereka di clock cenderung mempengaruhi bagaimana mereka merasakan sisa hari . Suasana awal dikaitkan dengan persepsi mereka terhadap pelanggan dan bagaimana mereka bereaksi terhadap suasana hati pelanggan . Dan yang paling penting untuk manajer , suasana hati karyawan memiliki dampak yang jelas pada kinerja , termasuk berapa banyak karyawan kerja lakukan dan seberapa baik mereka melakukannya . Tidur adalah topik yang lain kita telah melihat ke dalam sebelum , menjelajahi berapa banyak tidur kita benar-benar perlu untuk menjadi produktif .

make yourself happier

 3 . Dekati bekerja - perjalanan singkat bernilai lebih dari sebuah rumah besar.
            

          Perjalanan kami ke kantor dapat memiliki dampak mengejutkan kuat pada kebahagiaan kita . Fakta bahwa kita cenderung untuk melakukan hal ini dua kali sehari , lima hari seminggu , membuatnya mengherankan bahwa efeknya akan membangun dari waktu ke waktu dan membuat kita kurang dan kurang bahagia. 

           Menurut The Art of kejantanan/Manly , memiliki perjalanan panjang adalah sesuatu yang kita sering gagal untuk menyadari akan mempengaruhi kita secara dramatis : ... sementara banyak kondisi sukarela tidak mempengaruhi kebahagiaan kita dalam jangka panjang karena kita menyesuaikan diri dengan mereka , orang tidak pernah terbiasa dengan bekerja keras sehari-hari mereka untuk bekerja karena kadang-kadang lalu lintas mengerikan dan kadang-kadang tidak . Atau seperti psikolog Harvard Daniel Gilbert mengatakan, " Mengemudi dalam lalu lintas adalah jenis yang berbeda dari neraka setiap hari. "

         Kita cenderung untuk mencoba untuk mengkompensasi hal ini dengan memiliki rumah yang lebih besar atau pekerjaan yang lebih baik , tetapi kompensasi ini hanya tidak bekerja : dua ekonom Swiss yang mempelajari pengaruh Komuter pada kebahagiaan menemukan bahwa faktor-faktor tersebut tidak bisa menebus penderitaan yang diciptakan oleh perjalanan panjang . 


4 . Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga - tidak menyesal di ranjang.

           Anda Tetap berhubungan dengan teman dan keluarga adalah salah satu dari lima penyesalan  yang sekarat . Jika Anda ingin lebih banyak bukti bahwa itu bermanfaat bagi Anda , saya telah menemukan beberapa penelitian yang membuktikan hal itu bisa membuat Anda lebih bahagia sekarang. 

            Waktu sosial sangat berharga ketika datang untuk meningkatkan kebahagiaan kita , bahkan untuk introvert . Beberapa studi telah menemukan bahwa waktu yang dihabiskan dengan teman dan keluarga membuat perbedaan besar bagaimana kita merasa bahagia , pada umumnya . Aku suka cara pakar kebahagiaan Harvard Daniel Gilbert menjelaskan hal itu : Kami senang ketika kita memiliki keluarga , kami senang ketika kita memiliki teman-teman dan hampir semua hal lain yang kita pikir membuat kita bahagia sebenarnya hanya cara untuk mendapatkan lebih banyak keluarga dan teman-teman . 

           George Vaillant adalah direktur dari studi 72 - tahun kehidupan 268 orang . Dalam sebuah wawancara di Maret 2008 newsletter untuk mata pelajaran Hibah Study, Vaillant ditanya , " Apa yang telah Anda pelajari dari orang-orang Hibah Study ? " Respon Vaillant itu : "Itu satu-satunya hal yang benar-benar penting dalam hidup adalah hubungan Anda dengan orang lain . " ia berbagi wawasan penelitian dengan Joshua Serigala Shenk di The Atlantic tentang bagaimana hubungan sosial pria membuat perbedaan untuk kebahagiaan mereka secara keseluruhan : hubungan yang laki-laki pada usia 47 , ia menemukan , diprediksi penyesuaian akhir - kehidupan yang lebih baik daripada variabel lainnya, kecuali pertahanan . 

        Hubungan saudara baik tampaknya sangat kuat : 93 persen laki-laki yang sedang berkembang pada usia 65 tahun sudah dekat dengan saudara atau saudari ketika muda . Bahkan , sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Socio - Economics menyatakan dari hubungan Anda yang bernilai lebih dari $ 100.000 : Menggunakan Rumah Tangga Panel Survey Inggris , saya menemukan bahwa peningkatan tingkat keterlibatan sosial bernilai sampai dengan tambahan £ 85,000 / tahun dalam hal kepuasan hidup . 

           Perubahan aktual dalam pendapatan , di sisi lain , membeli sangat sedikit kebahagiaan . Saya berpikir bahwa baris terakhir sangat menarik : perubahan aktual dalam pendapatan , di sisi lain , membeli sangat sedikit kebahagiaan . Jadi kita bisa meningkatkan pendapatan tahunan kami dengan ratusan ribu dolar dan masih tidak bahagia seolah-olah kita meningkatkan kekuatan hubungan sosial kita . 

          The Terman Penelitian, yang tercakup dalam The Longevity Project , menemukan bahwa hubungan dan bagaimana kita membantu orang lain merupakan faktor penting dalam hidup panjang , hidup bahagia : Kita tahu bahwa jika peserta Terman sungguh-sungguh merasa bahwa ia memiliki teman-teman dan kerabat untuk mengandalkan ketika memiliki waktu yang sulit maka orang tersebut akan lebih sehat . Mereka yang merasa sangat dicintai dan diperhatikan , kita prediksi , akan hidup paling lama . 

           Surprise : prediksi kami salah ... Di luar ukuran jaringan sosial , manfaat yang paling jelas dari hubungan sosial datang dari membantu orang lain . Mereka yang membantu teman-teman dan tetangga mereka , menasihati dan merawat orang lain , cenderung hidup sampai usia tua . 

5 .Pergi ke luar - kebahagiaan dimaksimalkan pada 13,9 ° C 

               In The Happiness Advantage, Shawn Akhor merekomendasikan menghabiskan waktu di udara segar untuk meningkatkan kebahagiaan Anda : Membuat waktu untuk pergi ke luar pada hari yang bagus juga memberikan keuntungan yang sangat besar , satu studi menemukan bahwa menghabiskan 20 menit di luar dalam cuaca yang baik tidak hanya meningkatkan mood positif , tetapi memperluas pemikiran dan meningkatkan memori kerja ... ini adalah berita bagus bagi kita yang khawatir tentang kebiasaan baru pas ke dalam jadwal kami sudah sibuk . 

              Dua puluh menit adalah waktu yang cukup singkat untuk menghabiskan di luar bahwa Anda bisa memasukkannya ke perjalanan Anda atau bahkan istirahat makan siang Anda . Sebuah penelitian di Inggris dari University of Sussex juga menemukan bahwa menjadi luar membuat orang lebih bahagia : Berada di luar rumah , di dekat laut , pada hangat , cerah sore akhir pekan adalah tempat yang sempurna untuk sebagian besar. Bahkan , peserta yang ditemukan di luar ruangan secara substansial lebih bahagia di semua lingkungan alami daripada mereka di lingkungan perkotaan .

       The American Meteorological Society menerbitkan penelitian tahun 2011 yang menemukan suhu saat ini memiliki efek lebih besar pada kebahagiaan kita daripada variabel seperti kecepatan angin dan kelembaban , atau bahkan suhu rata-rata selama sehari. Hal ini juga menemukan bahwa kebahagiaan dimaksimalkan pada 13,9 ° C , sehingga mengawasi pada ramalan cuaca sebelum menuju luar untuk Anda 20 menit udara segar .


 6 . Membantu orang lain - 100 jam per tahun adalah angka magis. 


         Salah satu bagian yang paling berlawanan dari nasihat saya temukan adalah bahwa untuk membuat diri Anda merasa lebih bahagia , Anda harus membantu orang lain . Bahkan , 100 jam per tahun ( atau dua jam per minggu ) adalah waktu yang optimal kita harus mendedikasikan untuk membantu orang lain untuk memperkaya kehidupan kita . 

        Jika kita kembali ke buku Shawn Akhor lagi , ia mengatakan hal ini tentang membantu orang lain : ... ketika peneliti mewawancarai lebih dari 150 orang tentang pembelian terakhir mereka , mereka menemukan uang yang digunakan untuk kegiatan - seperti konser dan makan malam kelompok luar yang dibawa jauh lebih menyenangkan dari pembelian bahan seperti sepatu , televisi , atau jam tangan mahal . Menghabiskan uang untuk orang lain , yang disebut " belanja prososial , " juga meningkatkan kebahagiaan . 

        The Journal of Happiness Studies menerbitkan sebuah studi yang sangat mengeksplorasi topik ini  : Peserta mengingat pembelian sebelumnya yang dibuat baik untuk diri sendiri atau orang lain dan kemudian melaporkan kebahagiaan mereka . Setelah itu , peserta memilih apakah akan menghabiskan windfall moneter pada diri mereka sendiri atau orang lain . Peserta ditugaskan untuk mengingat pembelian yang dilakukan untuk orang lain dilaporkan merasa lebih bahagia secara signifikan segera setelah ingatan ini , yang paling penting , para peserta merasa lebih bahagia , semakin besar kemungkinan mereka memilih untuk menghabiskan windfall pada orang lain dalam waktu dekat . 

          Jadi menghabiskan uang pada orang lain membuat kita lebih bahagia daripada membeli barang-barang untuk diri kita sendiri . Bagaimana menghabiskan waktu kita pada orang lain ? Sebuah studi dari relawan di Jerman mengeksplorasi bagaimana relawan terpengaruh ketika kesempatan mereka untuk membantu orang lain dibawa pergi : Tak lama setelah jatuhnya Tembok Berlin tapi sebelum reuni Jerman , gelombang pertama data dari GSOEP dikumpulkan di Jerman Timur . 

      Relawan masih luas . Karena shock reuni , sebagian besar infrastruktur sukarela ( misalnya klub olahraga yang terkait dengan perusahaan ) runtuh dan orang-orang secara acak kehilangan kesempatan mereka untuk menjadi sukarelawan . Berdasarkan perbandingan dari perubahan kesejahteraan subjektif dari orang-orang ini dan orang-orang dari kelompok kontrol yang tidak mengalami perubahan status relawan mereka , hipotesis didukung bahwa relawan adalah bermanfaat dalam hal kepuasan hidup yang lebih tinggi . 

      Dalam bukunya berkembang : Sebuah Pemahaman visioner Baru Kebahagiaan dan Kesejahteraan , University of Pennsylvania profesor Martin Seligman menjelaskan bahwa membantu orang lain dapat meningkatkan kehidupan kita sendiri : ... kami para ilmuwan telah menemukan bahwa melakukan kebaikan yang menghasilkan satu peningkatan sesaat paling dapat diandalkan di sumur kesejahteraan setiap latihan kami telah diuji .


 7 . Praktek tersenyum - itu dapat mengurangi rasa sakit 

             Tersenyum sendiri bisa membuat kita merasa lebih baik , tapi lebih efektif ketika kita kembali ke atas dengan pikiran positif , menurut penelitian ini : Sebuah studi baru yang dipimpin oleh bisnis sarjana Michigan State University menunjukkan pekerja layanan pelanggan yang senyum palsu sepanjang hari memperburuk suasana hati mereka dan menarik diri dari kerja , mempengaruhi produktivitas . Namun para pekerja yang tersenyum sebagai hasil dari budidaya pikiran positif - seperti liburan tropis atau resital anak - meningkatkan suasana hati mereka dan menarik lebih sedikit . Tentu saja penting untuk berlatih " senyum nyata" di mana Anda menggunakan soket mata Anda . 

           Ini sangat mudah untuk melihat perbedaannya : Menurut PsyBlog , tersenyum dapat meningkatkan perhatian kita dan membantu kita tampil lebih baik pada tugas-tugas kognitif : Tersenyum membuat kita merasa baik yang juga meningkatkan fleksibilitas attentional kita dan kemampuan kita untuk berpikir secara holistik . Ketika ide ini diuji oleh Johnson et al . ( 2010 ) , hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang tersenyum dilakukan lebih baik pada tugas-tugas yang diperlukan attentional melihat seluruh hutan bukan hanya pohon-pohon . 

            Senyum juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi beberapa rasa sakit yang kita rasakan dalam keadaan mengganggu : Tersenyum adalah salah satu cara untuk mengurangi penderitaan yang disebabkan oleh situasi menjengkelkan . Psikolog menyebutnya umpan balik hipotesis wajah . Bahkan memaksa tersenyum ketika kita tidak merasa seperti itu sudah cukup untuk mengangkat suasana hati kita sedikit ( ini adalah salah satu contoh diwujudkan kognisi ) . Salah satu posting kami sebelumnya masuk ke lebih detail tentang ilmu tersenyum . 
make yourself happier smiling

           8 . Rencanakan perjalanan - tapi tidak mengambil satu. 

              Berbeda untuk benar-benar mengambil liburan , tampaknya merencanakan liburan atau hanya istirahat dari pekerjaan dapat meningkatkan kebahagiaan kita . Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal , Penelitian Terapan di Kualitas Hidup menunjukkan bahwa lonjakan tertinggi dalam kebahagiaan datang selama tahap perencanaan liburan sebagai karyawan menikmati rasa antisipasi : Dalam studi tersebut , efek antisipasi liburan meningkatkan kebahagiaan selama delapan minggu . Setelah liburan , kebahagiaan dengan cepat turun kembali ke tingkat dasar bagi kebanyakan orang . 

            Shawn Akhor memiliki beberapa info bagi kita dalam hal ini , juga: Satu studi menemukan bahwa orang-orang yang hanya berpikir tentang menonton film favorit mereka benar-benar mengangkat tingkat endorphin mereka dengan 27 persen . 

                Jika Anda tidak dapat meluangkan waktu untuk berlibur sekarang , atau bahkan keluar malam dengan teman-teman , menempatkan sesuatu pada kalender - bahkan jika itu satu bulan atau satu tahun di jalan . Kemudian setiap kali Anda membutuhkan dorongan kebahagiaan , mengingatkan diri sendiri tentang hal itu . 


9 . Renungkan - rewire otak Anda untuk kebahagiaan. 

          Meditasi sering disebut-sebut sebagai kebiasaan penting untuk meningkatkan fokus , kejelasan dan rentang perhatian , serta membantu untuk membuat Anda tenang . Ternyata itu juga berguna untuk meningkatkan kebahagiaan Anda .

           Dalam sebuah penelitian , tim peneliti dari Massachusetts General Hospital melihat scan otak dari 16 orang sebelum dan setelah mereka berpartisipasi dalam kursus delapan minggu meditasi mindfulness . Penelitian yang diterbitkan dalam edisi Januari Psikiatri Penelitian : Neuroimaging , menyimpulkan bahwa setelah menyelesaikan kursus , bagian otak peserta yang memiliki belas kasih dan kesadaran diri tumbuh , dan bagian yang berhubungan dengan stres menyusut . 

         Meditasi harfiah membersihkan pikiran Anda dan menenangkan Anda ke bawah , sudah sering terbukti menjadi cara yang paling efektif untuk hidup lebih bahagia  . Saya percaya bahwa grafik ini menjelaskan hal yang terbaik : Menurut Shawn Akhor , meditasi benar-benar dapat membuat Anda lebih bahagia dalam  jangka panjang : Studi menunjukkan bahwa dalam menit setelah bermeditasi , kita mengalami perasaan tenang dan kepuasan , serta kesadaran yang tinggi dan empati . Dan , penelitian bahkan menunjukkan bahwa meditasi teratur secara permanen dapat rewire otak untuk meningkatkan kadar kebahagiaan . 

           Fakta bahwa kita benar-benar dapat mengubah struktur otak kita melalui mediasi yang paling mengejutkan bagi saya hal yang kita pikirkan dan kita ucapkan itu tidak permanent.
calming-mind-brain-waves make yourself happier



10 . Praktek syukur - meningkatkan baik kebahagiaan dan kepuasan hidup. 

            Ini adalah strategi yang tampaknya sederhana , tapi aku pribadi merasa untuk membuat perbedaan besar untuk pandangan saya . Ada banyak cara untuk mempraktekkan rasa syukur , dari menjaga sebuah jurnal dari hal-hal yang Anda syukuri , berbagi tiga hal baik yang terjadi setiap hari dengan teman atau pasangan Anda , dan pergi keluar dari cara Anda untuk menunjukkan rasa terima kasih ketika orang lain membantu Anda . 

        Dalam sebuah percobaan di mana beberapa peserta mencatat hal-hal yang mereka syukuri setiap hari , suasana hati mereka ditingkatkan hanya dari praktek sederhana ini : Kelompok syukur - outlook dipamerkan tinggi kesejahteraan di beberapa , meskipun tidak semua, dari ukuran hasil di seluruh 3 studi , relatif terhadap kelompok pembanding . The berpengaruh positif mempengaruhi tampaknya penemuan yang paling kuat . 

         Hasil menunjukkan bahwa fokus pada sadar berkat mungkin memiliki manfaat emosional dan interpersonal. The Journal of Happiness studi menerbitkan sebuah studi yang menggunakan surat terima kasih untuk menguji seberapa bersyukur dapat mempengaruhi tingkat kebahagiaan kita : Para peserta termasuk 219 pria dan wanita yang menulis tiga surat syukur selama 3 minggu .

        Hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis surat syukur meningkat peserta kebahagiaan dan kepuasan hidup , sekaligus mengurangi gejala depresi . Cepat fakta terakhir : Mendapatkan lebih tua akan membuat diri Anda bahagia Sebagai titik akhir , itu menarik untuk dicatat bahwa seiring bertambahnya usia , usia pertengahan terutama masa lalu , kita cenderung tumbuh lebih bahagia secara alami . 

        Masih ada perdebatan tentang mengapa hal ini terjadi , namun para ilmuwan telah mendapat beberapa ide : Peneliti , termasuk penulis , telah menemukan bahwa orang yang lebih tua menunjukkan gambar wajah atau situasi cenderung berfokus pada dan mengingat yang bahagia lebih dan yang negatif kurang . 

        Studi-studi lain telah menemukan bahwa usia orang , mereka mencari situasi yang akan mengangkat suasana hati mereka - misalnya , pemangkasan lingkaran sosial teman atau kenalan yang mungkin membawa mereka ke bawah . Pekerjaan yang masih lainnya menemukan bahwa orang dewasa belajar untuk melepaskan kerugian dan kekecewaan atas tidak tercapainya tujuan , dan tujuan mereka menebang menuju kesejahteraan yang lebih besar .    
         Jadi, jika Anda berpikir menjadi tua akan membuat Anda sengsara , yakinlah bahwa kemungkinan Anda akan mengembangkan pandangan yang lebih positif dari Anda mungkin miliki sekarang. 


Ingin mengobrol tentang artikel ini ? Tinggalkan komentar di bawah ini atau mengirimkan saya email dengan pikiran Anda... :D

Source : blog.bufferapp.com

0 komentar:

Post a Comment